Sabtu, 07 Januari 2017

Cara Sederhana Melakukan Pengecekan Mobil Sendiri

Pengecekan Mobil (Foto: Ktas)

Mobil, apakah dipakai setiap hari atau hanya dipakai sekali-sekali tetap membutuhkan pengecekan. Mobil harus dalam keadaan prima saat dikendarai karena jika tidak maka dapat menyulitkan jika tiba-tiba mengalami kerusakan di tengah jalan. Lakukan pengecekan mobil secara rutin, dan itu bisa dilakukan sendiri. 

Berikut ini cara sederhana untuk melakukan pengecekan mobil sendiri:
1. Memeriksa ban mobil

Ban mobil yang dipakai tidak dalam kondisi prima bisa berakibat fatal bagi pengendara. Pemeriksaan ban mobil yaitu dengan melihat pada tekanan udara, kebocoran, serta ban. Ban yang bocor perlu segera diganti atau ditambal, sedangkan masalah tapak ban yang menipis perlu diperhatikan apakah perlu diganti atau hanya dirotasi.

2. Memeriksa baterai

Untuk mencegah baterai yang kering atau karatan, maka perlu diperiksa secara rutin. Setiap kali melakukan penggantian oli, periksa kabel baterai untuk meyakinkan bahwa ini sudah aman terpasang pada terminal. Jika ada tanda kerusakan atau karatan, maka copot sambungan kabel untuk membersihkan area tersembunyi pada baterai. Usia baterai sendiri tergantung pada penggunaan dan cuaca, kebanyakan baterai bertahan 3 sampai 5 tahun.

3. Memeriksa oli, pendingin, dan cairan lain dalam mobil

Oli dan cairan lainnya perlu diperiksa setiap bulan. Pemeriksaan yang dilakukan misalnya mengenai level bahan bakar, oli mesin dan pendingin, pelumas rem, transmisi, serta power steering.

4. Memeriksa lampu

Lakukan pemeriksaan lampu secara merata mulai dari lampu depan sampai belakang. Minta bantuan seseorang yang memakai headlights untuk berjalan mengelilingi mobil, saat itu kita bisa meyakinkan bahwa lampu mobil menyala dengan cahaya yang cukup.

5. Memeriksa kinerja windshield wipers/penghapus kaca

Visibilitas merupakan hal penting dalam berkendara dengan aman. Wipers perlu diperiksa setiap bulan apakah memang masih bekerja dengan baik. Karet yang terdapat pada wipers biasanya bertahan 6 – 12 bulan tergantung pada pemakaian dan cuaca sekitar. Bersihkan dengan benar setiap kali mencuci mobil dan periksa apakah beroperasi dengan baik atau tidak. Jika sudah tidak beroperasi dengan baik maka perlu segera diganti.

Terimakasih
Semoga bermanfaat

salam Rahman toyota